Mujigunarto’s

Alasan perlunya asumsi data normalitas, linieritas dan multikolinier dalam beberapa analisis data multivariate

Posted on: 25 Desember 2008

Statistik uji yang digunakan dalam beberapa analisis data multivariat menggunakan dasar pendekatan dari sebaran distribusi normal, sehingga untuk menghasilkan dugaan parameter yang bersifat BLUE (Best Linear Unbias Estimate) dan MV (Minimum Variance) perlu dilakukan pengujian asumsi normalitas baik secara univariate maupun multivariat. Bahkan untuk analisis regresi linier berganda ada 4 (empat) asumsi yang harus dipenuhi yaitu: Normalitas, Non Heteroscedastic, Non Autocorrelated, dan Non Multicollinearity. Namun dari empat asumsi tersebut ada satu asumsi yang sifatnya wajib untuk beberapa analisis data multivariate, yaitu asumsi normalitas, karena jika asumsi normalitas tidak dipenuhi maka kesimpulan yang diperoleh akan bias (sifat BLUE dari parameter tidak dipenuhi).
Khusus untuk CLRM (Classical Linear Regression Model) hanya multikolinieritaslah yang perlu pertimbangan matang (dari segi teoritisnya dll). Jika terjadi kasus multikolinier artinya ada hubungan linier yang sempurna di antara beberapa atau semua variabel yang menjelaskan model tersebut. Untuk autokorelasi, jika terdapat di dalam model, maka model regresi sudah tidak BLUE meskipun estimator unbiased, tetapi tidak lagi efisien (tidak best). Begitu juga dengan heterokedastisitas. Untuk normalitas residual (CLRNM), perlu asumsi ini diuji jika kita menggunakan sampel yang terbatas, sehingga akan menentukan apakah uji-t dan uji-F kesimpulan yang didapat bias atau tidak.
Jika asumsi di atas dilanggar, bisa dilakukan pengobatan terhadap masing-masing pelanggaran tersebut. Jika tidak diobati maka kesimpulan yang didapat akan bias dan modelnya hanya bisa digunakan untuk Predicting, tetapi tidak bisa digunakan untuk Forecasting.

1 Response to "Alasan perlunya asumsi data normalitas, linieritas dan multikolinier dalam beberapa analisis data multivariate"

mengapa suatu data di katakan normal?
tolong pak di beri penjelasan saya mengalami kendala di pertanyaan itu terimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Laman

Desember 2008
S S R K J S M
« Apr   Jan »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Blog Stats

  • 87,087 hits

Klik tertinggi

  • Tak ada

Flickr Photos

Lush

Tucked In To December

Blick in die Kugel

Lebih Banyak Foto
%d blogger menyukai ini: